SILAHKAN REGISTRASI ONLINE DENGAN MENGKLIK DAFTAR YANG ADA PADA MENU INFORMASI PMB

Fasilitas (Facilities)

Universitas Muhammadiyah Parepare hingga akhir tahun 2009/2013 ini telah memiliki sarana dan prasarana yang cukup memadai. Di bidang fisik, sarana dan prasarana tersebut meliput tanah dan bangunan beserta peralatannya sebagai fasilitas penunjang pendidikan, dan akan senantiasa ditingkatkan baik fungsi maupun pemanfaatannya. Tanah, bangunan dan fasilitas tersebut antara lain:

Tanah di Kompleks kampus I, dengan tanah seluas 5.000  m2 dengan bangunan 4.500 m2 dimanfaatkan sebagai tempat perkuliahan, Tanah dan Bangunan di Kompleks Kampus II, tanah seluas 150.000 m2 dan bangunan seluas 50.000 m2, yang dimanfaatkan untuk kompleks perkuliahaan, perkantoran dan gedung rektorat. sebagai sebagai asrama Mahasiswa, Tanah yang belum dimanfaatkan penggunaannya, meliputi ; Tanah seluas 200.000 m2, terletak di Jl. Jend. Ahmad Yani (Kampus II) Lapadde Parepare.

UNIT PEJUANG AKADEMIK

Unit-unit penunjang akademik sebagai pendukung proses belajar mengajar di universitas Muhammadiyah Parepare senantiasa dikembangkan baik jenis maupun jumlahnya.

1.         Laboratorium

Laboratorium yang telah dimiliki secara umum telah memenuhi standar kebutuhan yang ada dan senatiasa akan dikembangkan dan dilengkapi secara bertahap sesuai dengan kebutuhan. Laboratorium tersebut antara lain : Laboratorium Bahasa, Laboratorium Microteaching, Laboratorium Komputer, Laboratorium Fisika, Laboratorium Fakultas Teknik, Laboratorium Fakultas Pertanian, Peteranakan dan Perikanan.

2.         Pusat Komputer dan Internet (ICT-Center)

Pusat Komputer berfungsi sebagai unit penyimpanan dan pengolahan data dari seluruh rangkaian kegiatan akademik maupun administrasi. Unit ini disiapkan dalam rangka peningkatan efisiensi dan efektifitas pelayanan adaministrasi, pelayanan dalam kepentingan pendidikan mahasiswa, karyawan dan dosen serta pelayanan kepada masyarakat luas, baik untuk kepentingan pendidikan, penelitian maupun pelayanan jasa lain. Jumlah dan kualitasnya dari tahun ke tahun akan senantiasa disempurnakan sesuai dengan perkembangan teknologinya. Selain komputer, UMPAR juga telah melengkapi fasilitasnya dengan jaringan internet (ICT-Center Hotspot) yang diharapkan mampu memberikan motivasi baru bagi dosen, karyawan, maupun mahasiswa untuk menambah wawasan dengan metode E-Learning.

3.         Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat

Secara fungsional Lembaga ini bertugas untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui kegiatan penelitian ilmiah dikalangan Sivitas Akademika; pengelolaan dan penyelenggaraan penelitian, baik penelitian ilmu-ilmu dasar, sosial, teknologi dan kebudayaan; pelaksanaan kegiatan penelitian untuk pendidikan, pembinaan, dan pembaharuan pemahaman terhadap Islam; penyelenggaraan penelitian guna mempersiapkan tenaga-tenaga peneliti muda dalam rangka meningkatkan produktivitas kegiatan penelitian; penerbitan jurnal ilmiah hasil penelitian; serta pelaksanaan kegiatan penelitian baik mandiri maupun penelitian yang bekerjasama dengan lembaga lain.

Sementara itu tugas Lembaga pengabdian kepada masyarakat antara lain, mengelola dan menyelenggarakan kegiatan pengabdian pada masyarakat, baik bersifat institusionil maupun pengabdian pada masyarakat sebagai hasil kerjasama dengan instansi pemerintahan dan swasta; mengembangkan model pembinaan dan pengembangan masyarakat melalui proses pengentasan kemiskinan; melakukan penataran dan mempersiapkan tenaga terampil dalam pembangunan terutama pembangunan masyarakat desa; menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi hasil penelitian; serta pengelolaan terhadap Desa Binaan.

4.         Multymedia Class

Saat ini Universitas Muhammadiyah Parepare sudah memiliki kelas multimedia dengan perangkat multimedia dan audio video dengan masing-masing kelas belajar menggunakan monitor TV 50” sebagai pengganti projector

 

5.         Lembaga Pengembangan Ilmu-ilmu Dasar (LPID)

a.         Lembaga Studi Islam

Lembaga Studi Islam merupakan lembaga yang bertanggung jawab terhadap penyelenggaraan pengkajian Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dalam kaitannya dengan berbagai aspek kehidupan, baik bersifat sosial budaya, politik, ekonomi, pendidikan dan kesehatan; pengaktualisasian kembali materi Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di Lingkungan UMPAR pada semua jenjang; peningkatan penghayatan keagamaan dikalangan sivitas akademika, serta menjalin kerjasama dengan unsur di dalam dan di luar UMPAR dalam berbagai forum.

b.         Pusat Bahasa

Dalam usaha mendukung mutu akademik, UMPAR menyadari perlunya penguasaan bahasa asing(terutama Bahasa Inggris) yang merupakan jembatan untuk memahami buku-buku ilmiah. Pusat Bahasa ini secara garis besar bertujuan: Meningkatan penguasaan staf pengajar dan mahasiswa terhadap bahasa asing baik pemahaman, pengucapan maupun penulisannya: Memberikan pelayanan terhadap mahasiswa di luar program studi Bahasa Inggris atau masyarakat umum yang berminat meningkatkan penguasaan serta pemahaman terhadap bahasa Inggris. 

c.          Perpustakaan

perpustakaan pusat UMPAR sejalan dengan perkembangan yang ada selama beerapa tahun telah mendapat perhatian yang cukup memadai. Setiap tahun senatiasa disempurnakan sistem pelayanan maupun penyediaan materi buku serta fasilits pendukungnya.

d.         Media Penerbitan

Untuk mensosialisasikan produk-produk akademik, UMPAR telah memiliki berbagai penerbitan yang dikelola baik oleh tenaga edukatif maupun mahasiswa, baik pada tingkat Universitas maupun Fakultas/Jurusan sesuai dengan disiplin Ilmu yang ditekuni. Media ini diharapkan akan mampu melatih daya kritis dan meningkatkan wawasan keilmuan segenab sivitas akademinya. Penerbitan yang dikelola itu antara lain: UMPAR Press.

6.         Rumah Susun Mahasiswa

Rusunawa atau Rumah Susun Sederhana Sewa, adalah program kampus dalam upaya menyediakan hunian bagi mahasiswa yang kurang mampu

Hunian ini disewakan kepada mahasiswa yang berasal dari luar daerah dengan biaya yang relatif terjangkau..

 

PROGRAM PENGEMBANGAN KEMAHASISWAAN

Program pengembangan kemahasiswaan senantiasa dilaksanakan dan diarahkan untuk tercapainya kualitas mahasiswa yang profesionl pada bidangnya hingga pada akhir tahun 2009 berbagai aktifitas telah dilaksanakan dengan diorientasikan pada bidang minat, bakat dan kegemaran, panalaran serta kesejahteraan mahasiswa. Kegiatan pengembangan mahasiswa ini diselenggarakan terutama yang berkaitan dengan aktifitas ekstrakurikuler dan diorientasikan pengembangan akademik.

1.         Minat, Bakat dan Kegemaran

Unit olahraga, meliputi beladiri Tapak Suci, Sepak Bola, Long Tennis, Badminton, Bola Voli, Bola Basket. Mahasiswa Pecinta Alam: Salawat, STEPA (Satuan Teknik Pecinta Alam). Unit Kesenian yang tergabung dalam Walasuji dan Broadcasting (MOSFET FM).

2.         Kesejahteraan Mahasiswa

Koperasi mahasiswa, dengan bidang usaha meliputi: pertokoan, jasa simpan pinjam, jasa pengetikan skripsi, kursus komputer, fotocopy dan kanting mahasiswa.

3.         Penalaran

Berbagai latihan keterampilan manajemen mahasiswa, Penerbitan majalah, Penyelenggaraan berbagai seminar baik tingkat regional maupun nasional, serta diskusi intensif dari berbagai persoalan baik politik, ekonomi, sosial, psikologi maupun pemerintahan.

Di samping Unit Kegiatan Mahasiswa tingkat Universitas terdapat pula unit-unit lain seperti: Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala), Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Hisbuwatan, Kokam, dan Radio Mosfet FM.