SELAMAT DATANG DI PENDAFTARAN MAHASISWA BARU TAHUN AKADEMIK 2017-2018

Sejarah Singkat Universitas Muhammadiyah Parepare

Universitas Muhammadiyah Parepare secara resmi berdiri pada tanggal 10 Mei 1999 bertepatan dengan tanggal 24 Muharram 1420 H berdasarkan Surat Keputusan Mendikbud RI Nomor 86/D/O/1999 tanggal 10 Mei 1999, sebagai perubahan bentuk dari Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Parepare yang berdiri pada tanggal 9 September 1963.

Umpar dalam usia 11 tahun telah menapaki dua fase yaitu; fase perintisan, dan fase pengembangan. Fase perintisan adalah, usaha peralihan dari Sekolah Tingi menjadi Unversitas. Sekolah Tinggi yakni STKIP Muhammadiyah Pareparepada saat itu  membina tiga program studi, yakni program studi pendidikan Matematika, Bhs.Inggeris dan PLS. Usaha perubahan bentuk menjadi Universitas yang diprakarsai oleh Drs. Said Amir Anjala, MM. beserta tim  lainnya. Pada awal berdirinya UMPAR membina empat fakultas yakni: Fakultas Feguruan dan Ilmu Pendidikn, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik dan Fakultas pertanian. Selaku rektor pertama adalah Drs Amir Said Anjala. Program studi yang dibina pada pase awal adalah: Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Ingeris, Pendidikan Luar Seklah, Studi Pembangunan, Akuntasi, teknik sipil, Teknik Elktro,  Agribisni, Agroteknologi, budidaya perairan dan nutrisi makanan ternak. Dua Tahun beriktu yakni tahun 2000 dibukan Fakultas Agama Islam dengan program studi, Pendidikan Agama Islam (BPI) dan Bibingan penyuluhan Islam (BPI)

Selanjutnya pada tahap pengembangan,( 2004-2008) di bawah kepemimpinan (rektor) Prof.Dr.H.M Siri Dangnga, MS.  Pada tahun 2007 dibuka Fakultas Ilmu Kesehatan yang didukung dengan berbagai konsentrasi keilmuan berdasarkan minat dan bakat mahasiswa. Pada tahun yang sama dibuka Program Pascasarjana Program studi Agribisnis, tahun 2008 dibukan program Pendidikan Bahasa Inggeris. Guna memperluas akses pengembangan program pascasarjana sesuai dengan tuntutan dunia kerja dan minat calon mahasiswa, maka tahun 2010  dibuka lagi program studi Perencanaan dan Pengembangan Wilayah yang masih dalam kondisi bagian dari program studi binaan dari Universitas Hasanuddin. Penyelenggarana pendidikan di UMPAR tidak lepas daripada  visi, misi, dan tujuan rencana kebijakan pengembangan yang tertuang dalam RENSTRA UMPAR, terutama pada bidang akademik, sumberdaya dan mutu. Sampai saat ini UMPAR telah mengalami 3 kali pergantian rektor. Kini (2008-2011) Umpar dipimpin Oleh : Rektor Drs. Syarifuddin Yusuf, Msi, WR.I. Dr. Drs.Amaluddin M.Hum, WR.II. Ahmad Selao SP. M.Sc, WR.III. Dr.Azis Ambar WR.IV. Ir. Abdullah B. MM.