SELAMAT DATANG DI PENDAFTARAN MAHASISWA BARU TAHUN AKADEMIK 2017-2018

VISI DAN MISI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PAREPARE

Dalam menapak tahun-tahun awal milenium baru, perguruan tinggi dihadapkan pada peluang dan sekaligus tantangan global dengan lingkungan dan tatanan yang terus berubah dengan cepat. Di dalam masyarakat masa depan, ilmu pengetahuan diyakini akan menjadi penggerak utama pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Penguasaan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan merupakan peluang dan tantangan yang memerlukan tanggapan cepat dan strategis.

Dirjen DIKTI juga telah berupaya untuk meningkatkan kualitas Perguruan Tinggi dan hal ini tercantum pada Strategi Jangka Panjang Pendidikan Tinggi 2003-2010 yang berfokus pada tiga aspek pengembangan, Quality, Access & Equity dan Outonomy. Outonomy disini dimaksudkan menyiapkan proses pendidikan yang berkualitas dan efisien untuk mendorong inovasi dan keunggulan. Untuk mendukung proses pengembangan Universitas Muhammadiyah Parepare maka telah dirumuskan dalam visi : “Terwujudnya UMPAR yang Islami Dan Kompetetif Dalam IPTEKS”

Kompetetif dalam IPTEK di dalam rumusan Visi UMPAR mengandung makna output yang dihasilkan memiliki kemampuan atau skill dalam bidang IPTEKS yang berdaya saing tinggi di masyakarat dan dunia kerja. Dalam konteks ini titik utama yang dijadikan andalan proses antisipasi yaitu penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dilandasi dengan nuansa Islami.

Sedangkan Misi UMPAR adalah:

1.         Pengembangan IPTEKS terpadu yang unggul dengan nilai diniah dan ilmiah.

2.         Pengembangan iklim akademik yang kondusif dalam menciptakan sarjana berwawasan global bernilai budaya bangsa.

3.         Pengembangan system pendidikan kompetensi keahlian yang terintegrasi dengan dunia usaha.

4.         Penerapan manajemen akademik, sumberdaya dan mutu yang berbasis perencanaan dan Information Technology (IT).

Sedangkan tujuan UMPAR adalah:

1.         Menghasilkan sarjana muslim yang berakhlak mulia, cakap percaya diri dan berguna bagi masyarakat.

2.         Memajukan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan seni untuk pembangunan masyarakat dan negara.

3.         Meningkatkan kualitas pendidikan, keahlian dan profesional.

 

Untuk mendukung Visi,Misi dan tujuan tersebut maka dibuat rumusan Rencana Pengembangan Jangka Panjang Perguruan Tinggi, dimana rencana pengembangan UMPAR dibagi dalam perencanaan jangka panjang, dan perencanaan jangka menengah selama lima tahun, serta merupakan rencana operasional tahap kedua dari rencana pengembangan 10 tahunan sebagaimana tertuang dalam Rencana Strategis (RENSTRA) UMPAR 2002-2012. Disamping itu Rencana Pengembangan yang tertuang dalam Rencana Induk Pengembangan (RIP) UMPAR 2002-2012 mendasarkan diri pada kinerja hasil akhir (lagging performance) dan dalam pengembangannya berdasarkan kinerja hasil proses (leading performance). Penjabaran garis besar RIP UMPAR 2002-2012 dilaksanakan sedemikian rupa sehingga dapat meliputi semua aspek yang menjadi indikator kunci strategis yang terdapat di dalam keseluruhan proses yang terjadi di UMPAR. RIP ini terdiri dari rencana pengembangan beberapa aspek, yaitu :

1.         Aspek Ketatakelolaan (Good University Governance) dan Penjaminan Mutu pada seluruh area    fungsional perguruan tinggi.

2.         Aspek Infrastruktur, meliputi ketersediaan fasilitas dan peralatan utama. serta rencana pengembangan sarana dan prasarana.

3.         Aspek Financial, yang terdiri dari rencana sistem pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel.

4.         Aspek Sumberdaya manusia, mencakup pengembangan mahasiswa, dosen dan karyawan yang mendukung mutu produk (sarjana, riset dan pelayanan masyarakat) akuntabel.

5.         Aspek Operasional (Proses Pembelajaran), yang terdiri dari pengembangan regulasiakademik dan kurikulum yang kompetetif.

6.         Aspek Pelayanan yang terdiri peningkatan pelayanan terhadap stakeholder internal dan Eksternal

7.         Aspek Sistem Informasi Manajemen, meliputi tertatanya sistem pencatatan /perekaman dan pengelolaan yang memudahkan pelacakan data dan informasi

Ketujuh aspek rencana pengembangan di atas diproyeksikan kedalam target dan pencapaian standar kerja normatif yang direncanakan dapat di raih sampai tahun 2013 berdasarkan standar indikator capaian yang sudah ditetapkan.